TANYA JAWAB

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh klien sebelum melakukan hipnoterapi di Griya Hipnoterapi Indonesia

 

Apakah hipnotis atau hypnosis dan hipnoterapi itu melibatkan unsur jin, ghaib, mistik / magic atau kuasa kegelapan?

Tidak. Hypnosis merupakan pengetahuan ilmiah salah satu turunan ilmu psikologi yang hanya bisa dilakukan dengan komunikasi verbal dan non-verbal bukan dengan pengisian, meditasi, puasa, tirakat dan seribu satu pemahaman salah kaprah lainnya.

Apakah hypnosis bertentangan dengan ajaran agama?

Karena hypnosis sama sekali tidak melibatkan unsur-unsur mistik, supranatural, magic, okultisme, kuasa gelap, dll maka hypnosis tidak sama sekali bertentangan dengan agama atau kepercayaan tertentu. Justru para tokoh agama yang telah mengerti konsep hypnosis dengan benar, banyak menggunakan teknik hypnosis untuk membantu sesama dalam mengatasi permasalahan pribadi, orang lain, pengembangan diri, dll.

Apa perbedaan proses hipnotis di televisi dengan hipnoterapi?

Salah satu penggunaan hypnosis adalah untuk pertunjukan atau yang lebih dikenal sebagai Stage Hypnosis yang ditayangkan di televisi. Meskipun teknik yang digunakan terlihat serupa, tetapi prinsipnya berbeda. Pertunjukan hypnosis lebih mengutamakan aspek “entertainment” sehingga prosesnya terlihat ajaib, instan, dan “wow”. Umumnya sugesti yang diberikan pada saat stage hypnosis tidak bertahan lama atau tidak permanen. Pada stage hypnosis seringkali yang terlihat dominan dan “powerful” adalah Si Penghipnotisnya. Sedangkan pada Hipnoterapi (hypnosis untuk terapi) memiliki tujuan yang berbeda. Sugesti dalam hipnoterapi harus mempertimbangkan berbagai aspek agar bersifat permanen dan memberikan penyembuhan yang natural agar bertahan lama. Peran, kerjasama, dan kemauan klien/subyek sangat besar dalam hipnoterapi.

Pandangan orang yang dihypnosis adalah mereka yang memiliki pemikiran yang lemah, Betulkah seperti itu?

Salah. Untuk bisa dihipnotis justru salah satu syaratnya adalah memiliki kemampuan intelejensia yang cukup. Semua orang bisa dihipnotis selama dia MAU, bisa fokus, dan bisa berkomunikasi dengan baiki. Yang membedakan hanya tingkat kesulitannya saja yang berbeda-beda.

Jika diri saya dihipnotis atau di hipnoterapi, apakah saya akan kembali dalam kondisi kesadaran diri saya seperti biasa?

Hipnosis itu kondisi alamiah biasa yang secara tidak sengaja sering kita alami dalam keseharian. Saat-saat sebelum tidur pulas atau saat menjelang terbangun bisa dikategorikan sebagai kondisi hipnosis. Orang yang masuk dalam kondisi hypnosis dapat kembali dengan sendirinya dengan aman. Pikiran sadarnya off sementara waktu sedangkan pikiran bawah sadarnya on. Dalam kondisi tersebut semua panca indera masih berfungsi dengan normal.

Apakah tidur hipnosis itu sama dengan tidur biasa?

Tidak. Tidur hipnosis berbeda dengan tidur biasa. Pada saat tidur hipnosis kita masih bisa mendengar dan/atau merespon sugesti yang diberikan sementara pada saat tidur biasa, kita cenderung tidak dapat disugesti. Gelombang otak saat dalam kondisi hypnosis berada di gelombang otak alfa dan theta sedangkan gelombang otak saat dalam kondisi tidur pulas berada dalam kondisi delta yang tidak dapat menerima sugesti.

Apakah hipnosis bisa dilakukan dari jarak jauh tanpa komunikasi?

Tidak. Hipnosis hanya bisa dilakukan dengan komunikasi. Selama ada komunikasi baik itu verbal maupun non-verbal misalnya isyarat tangan atau bahasa tubuh. Hipnosis jarak jauh bisa dilakukan misalnya melalui telpon selama dalam proses tersebut ada komunikasi atau pembicaraan.

Apakah Hypnotherapy ini Efektif ?

Berbagai teknik terapi dan pengobatan memiliki kemungkinan kesembuhan dan kegagalan. Termasuk pengobatan medis sekalipun, anda bahkan bisa menemukan beragam kasus malpraktik. Kesembuhan merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa, peranan Hypnotherapist adalah sebagai mediator dan fasilitator untuk mengantarkan klien pada kondisi sembuh tersebut. Berdasarkan pengalaman dalam melakukan praktek hipnoterapi di Griya Hipnoterapi Indonesia sudah banyak klien yang terbantu terbebas dari keluhan sakitnya karena itu, peranan kerjasama antara terapis dan klien menjadi penting. Niat untuk sembuh merupakan modal awal klien yang perlu ada agar therapy ini menjadi lebih efektif.

Perlu berapa kali hipnoterapi ?

Tergantung seberapa berat masalah pasien. Bisa 1 kali, 2 kali atau sampai 4 kali terapi tergantung dari kondisi dan permasalahan klien itu sendiri. Untuk sebagian besar masalah psikologis dan psikosomatis yang sedang, biasanya pasien sudah berubah atau sembuh total hanya dalam dua kali sesi terapi saja dan paling lama hanya 4 kali sesi untuk masalah yang berat/susah. Sebab itulah, kami punya komitmen untuk memberi jaminan Anda pasti dibantu sampai tuntas.

Pertanyaan-pertanyaan lain dapat di sampaikan atau di konsultasikan melalui no telp : 08176064608 (bisa WA), 081280848988